Jumat, 12 Juni 2020

Pendidikan 1

Ada sedikit konflik kepentingan antara mahasiswa tingkat akhir dengan KPS di suatu universitas karena adanya aturan yang ditetapkan secara sepihak berlaku surut ke belakang. 

Mahasiswa tersebut merasa dirugikan karena berefek akan memperpanjang masa kuliah. Itu berdampak pada pengorbanan lebih lama, biaya hidup dan pendidikan ditengah ancaman krisis ekonomi di masa pandemi covid 19. Solusi praktisnya adalah memperpanjang beasiswa setahun jika diterima.

Ada syarat ujian tesis atau disertasi dari pedoman akademik yang diadopsi oleh sistem pendidikan perguruan tinggi tentang publikasi jurnal internasional bereputasi. Syarat ini menentukan wisuda atau tidaknya mahasiswa.

Selain jurnal internasional, bisa juga melalui jurnal nasional terakreditasi baiknsinta 1-6.

Penulis jurnal ada yang gratisan sedangkan pembacanya yang bayar. Sebagian lagi penulis jurnal membayar ke pihak publisher sementara pembacanya gratis. 

Pilihan akan ditentukan oleh mahasiswa dibawah arahan dosen pembimbing sebagai penulis jurnal.

Namun untuk publisher jenis pertama dimana penulis jurnal free proses waktunya lama bisa memakan waktu sampai 1 tahun.

Publisher jenis kedua banyak menjadi pilihan mahasiswa S2 dan S3 karena lebih cepat publikasinya meskipun mengorbankan biaya jutaan bahkan belasan juta.

Publikasi jurnal itu menjadi hak paten buat penulisnya yaitu milik bersama antara dosen pembimbing dan mahasiswa bimbingannya. 

Selain paten publikasi, jenis paten lainnya adalah paten prototype dan paten produk. 

Saya pernah membaca, dalam sistem pendidikan Islam, semua biaya pendidikan (dan turunannya) akan ditanggung negara termasuk biaya hidup.

Hak paten tak dikenal dalam Islam. Semua pihak bebas mengembangkan hasil penelitian termasuk jurnal ilmiah, prototype dan produk penelitian. Mirip dengan software komputer & aplikasi android yang free.

Contoh negara yang mengabaikan hak paten saat ini adalah Tiongkok. Bahkan saya dengar, banyak pabrik dari perusahaan negara maju yang mengadopsi kewajiban hak paten, ada disana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar