Rabu, 24 Juni 2020

Mrs. Corona 11

Setelah konsultasi suatu kasus kepada seorang residen ilmu saraf, saya bertanya kepadanya terkait perkembangan terakhir Mrs. Corona di Kota M. 

Pertanyaan serupa banyak diajukan teman-teman di Kab KK. Karena bukan klinisi di RS disana, saya tak tahu jawaban pastinya. Hanya bermodalkan beberapa berita online yang beredar luas. 

"Sekarang disini peringkat ke-3 kasus terbanyak di Negeri I setelah J dan JT," jelasnya dari balik telepon. Meskipun usianya lebih yunior namun ilmu sarafnya jauh lebih senior. 

"Naik 1 tingkat?" 

"Kasus Covid-19 meningkat sehingga ruangan isolasi full. Pasien baru ada dibatasi dan harus antri. Pasien penyakit infeksi lain dipindahkan ke ruangan lain dan kasus baru dipending rawat inap. Nakes pakai sistem on-off, masuk dan libur beberapa hari demi mengurangi risiko paparan. Bahkan di sebuah RS pendidikan, pernah UGD tutup tapi sekarang sadengar buka kembali. Kami sudah kebal mental tapi tidak kebal fisik". 

Dia low profile dan cerdas. Jawabannya sistematis, mudah dipahami dan tak bertele-tele.

"Di tengah New Normal, masyarakat sepertinya mulai tidak waspada." Saya sempat menegur seseorang beberapa hari lalu karena mulai berani keluar rumah hanya untuk jalan sore disekitar stadion olahraga. Kegiatan yang tidak terlalu penting untuk saat ini.

"Sikap seperti itu tidak benar, harus tetap waspada," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar