Kamis, 06 Februari 2020

Politik 1

Suatu malam mengikuti Welcome Dinner dengan Dato' Menteri Besar (Gubernur) J Negeri M sebagai bandar besar di Hotel C Kota M. 

"Saya hanyalah manusia biasa yang diberikan amanah kekuasaan untuk memimpin 3,5 juta orang. Amalan rahasia saya adalah selalu bertaqwa kepada Allah SWT, gemar melakukan amalan sunnah dan selalu menyenangkan hati orang tua," Sang Dato' membuka diri. 

Doi menceritakan bagaimana kisahnya mendirikan 3 klinik, mencalonkan diri menjadi anggota dewan, ketua komisi lalu menjadi menteri besar alias gubernur. 

Dokter lulusan FKUH dan teman seangkatan ini pernah bertemu tanpa sengaja di Kota P pasca gempa bumi, tsunami dan likuefaksi tahun 2018 silam saat memberikan bantuan kemanusiaan.

Ada beberapa faktor eksternal yang tanpa sengaja mengangkat namanya hingga dikenal luas masyarakat di negara bagian. 

Beberapa prinsip hidupnya sebagai salah satu sumber inspirasi seperti :

1. Menganggap kejadian yang menimpa kita sebagai hal positif.
2. Berbuat baik kepada berbagai pihak termasuk para pejabat pemerintahan.
3. Selalu mengingatkan akan kekuasaan Allah SWT setiap kali bertemu dengan orang lain.
4. Biasakan diri bermusyawarah

Ayat al-Qur'an andalannya adalah QS. al Baqarah (2) : 152

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

fadzkuruunii adzkurkum wasykuruu lii walaa takfuruun

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

Tafsir Jalalain :

(Karena itu ingatlah kamu kepada-Ku) yakni dengan salat, tasbih dan lain-lain (niscaya Aku ingat pula kepadamu). Ada yang mengatakan maksudnya niscaya Aku balas amalmu itu. Dalam sebuah hadis qudsi diketengahkan firman Allah, "Barang siapa yang mengingat-Ku dalam dirinya niscaya Aku akan ingat dia dalam diri-Ku dan barang siapa mengingat-Ku di hadapan khalayak ramai, maka Aku akan mengingatnya di hadapan khalayak yang lebih baik!" (Dan bersyukurlah kepada-Ku) atas nikmat-Ku dengan jalan taat kepada-Ku (dan janganlah kamu mengingkari-Ku) dengan jalan berbuat maksiat dan durhaka kepada-Ku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar