Jumat, 17 Januari 2020

Pembanding 1

Mengikuti Seminar dan Workshop Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal + Seminar Manajemen Bencana di Universitas M Kota M. 

Pembicara dari Public Safety Centre (PSC) Provinsi SS membawakan data bahwa kasus kematian usia produktif 5-29 tahun 2018 terbanyak berasal dari kecelakaan lalu lintas. 

Sebagai pembanding, kasus tersebut 3 kali lebih banyak terjadi di Indonesia daripada di Jepang. 

"Saya 3 kali ke Jepang dalam rangka kunjungan banding. Disana, penanganan kasus emergency pre hospital jauh lebih baik dan lebih cepat. Penolong pertama dari tim khusus terlatih dibawah koordinasi Pemadam Kebakaran dan Pemerintah Daerah. Di rumah-rumah sakit utama juga tersedia ambulance emergency udara," ungkapnya. 

Kebiasaan masyarakat dan penegakan hukum berlalu lintas juga sangat berpengaruh menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di Jepang.

Ada jalur khusus pejalan kaki dan sepeda di setiap jalan raya. Pejalan kaki dan pesepeda tak bisa menyeberang jalan seenaknya diluar jalur yang tlah ditetapkan. 

Juga keduanya harus memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. Hanya boleh melintas ketika lampu hijau khusus pejalan kaki tlah menyala. Sepertinya kebiasaan baik itu sudah ditanamkan sejak usia TK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar